Jumat, 16 Oktober 2015

Inilah Benda Padat Teringan di Dunia

Sejumlah ilmuwan mengklaim telah menciptakan benda padat paling ringan di dunia, sebentuk logam yang bahkan jika diletakan di atas bunga dandelion tidak akan merusak bunga yang paling ringan itu.

Benda itu terbuat dari pipa-pipa logam kecil itu, yang kira-kira 1000 kali lebih tipis dari rambut manusia, saling terjalin seperti anyaman beton tetapi dalam skalam yang sangat kecil.

Para peneliti mengatakan benda itu mengandung 99,99 udara dan jauh lebih ringan dari stereofoam. Selain itu benda itu juga mempunyai sifat menyerap energi yang sangat tinggi.

Menurut ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari University of California itu, material itu sangat potensial digunakan sebagai isolasi panas, elektrode baterai, dan material untuk meredam suara, getaran, serta guncangan.

"Bangunan modern, seperti Menara Eiffel dan Jembatan Golden Gate, sangat ringan dan secara arsitektur bobotnya sangat efisien. Yang kami lakukan adalah membawa konsep itu ke dalam konsep nano dan skala mikro," kata Wiliam Carter, salah satu ilmuwan yang mengerjakan proyek itu.

Menurut Dr Tobias Schaedler, yang memimpin penelitian itu, trik dalam pembuatan material itu adalah dengan membuat kisi-kisi tabung 1000 kali lebih tipis dari rambut manusia.

"Hasilnya material itu mempunyai kepadatan hingga 0,9 miligram perkubik sentimeter," terang Schaedler.

Sebagai pembanding, kepadatan silika aerogels yang sebelumnya menjadi benda padat paling ringan di dunia hanya satu miligram perkubik sentimeter.

Sedangkan untuk kekuatan material itu para ilmuwan juga menjaminnya.

"Material apa saja sebenarnya semakin kuat jika dimensinya semakin kecil, hingga pada skala nano," kata Lorenzo Valdevit, seorang anggota peneliti.
Daily Mail

Source: Berita Satu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar